Minggu, 21 Juli 2013

Pondok Ramadhan di SDN Tawangrejo I Pandaan

Ramadhan telah tiba dan biasanya sekolah mengadakan kegiatan pondok ramadhan, apa saja bekal yang harus dibawa? Berikut ini ulasan selengkapnya

















Bulan ramadhan biasanya dimanfaatkan untuk memperdalam ilmu keagamaan utamanya buat anak-anak agar memiliki landasan iman yang kuat saat mereka tumbuh menjadi dewasa kelak. Begitu juga pihak sekolah akan memanfaatkan moment setahun sekali ini dengan mengadakan pesantren kilat yang sering kita kenal dengan istilah pondok ramadhan.
Umumnya sekolah-sekolah mulai tingkat dasar, menengah hingga lanjutan akan menyelenggarakan pondok ramadhan ini secara bergilir, menyesuaikan dengan tingkatan kelas masing-masing. Materi yang diberikan-pun juga akan berbeda-beda sesuai dengan tingkatan kelas mereka di sekolah.

Pondok Ramadhan untuk anak Kelas 4 – 6

Pondok Ramadhan untuk anak kelas 4 – 6 dilaksanakan tanggal 22 - 24 Juli 2013. Untuk perbekalan, bisa dibawakan mukena untuk yang perempuan atau sarung dan sajadah untuk yang laki-laki. Karena mereka biasanya akan diajak menunaikan shalat berjamaah di sekolah. Tentunya jangan lupa untuk tetap membawa peralatan tulis untuk mencatat ceramah yang diberikan oleh guru agama ataupun ustadz. Bisa juga ditambahkan buku ‘Iqra’ jilid 1 – 6 (tergantung putra/putri nya sudah mencapai jilid berapa. Karena bisa jadi Iqra yang disediakan pihak sekolah kurang memadai. Selain buku Iqra' anak-anak harus membawa Al-Qur'an dan buku panduan / buku pegangan yang dikeluarkan dari Dinas Setempat.
Hari ini tanggal 22 Juli 2013 diawali dengan sholat dhuha yang dipimpin oleh Drs. H. Ismail, setelah itu acara tadarrus yang dipimpin oleh Hj. Luluk Zulia, S.Pdi kemudian dilanjut siraman rohani tentang Ramadhan Oleh Drs. H.Ismail dan dilanjutkan dengan sholat dzuhur secara berjamaah. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar